Cephalopholis sonnerati – Kerapu tomat (Tomato hind)

2023 Data Samudera Ikan

Cephalopholis sonnerati (Valenciennes, 1828)

Kerapu tomat
Tomato hind

Etimologi
Cephalopholis, dari Bahasa Yunani kephale yang berarti ‘kepala’ dan pholis yang berarti ‘sisik’, mengacu pada kepalanya yang bersisik. Sonnerati dari nama Pierre Sonnerat, seorang naturalis asal Perancis.

Klasifikasi Ilmiah
Ordo Perciformes > Famili Serranidae

Status Konservasi
Least Concern (Risiko rendah)

Deskripsi Singkat
Kerapu tomat memiliki warna tubuh merah yang cerah dengan semu bercak-bercak merah yang lebih gelap. Bercak ini lebih terlihat di daerah kepala, dan lebih semu di bagian badan. Sirip berwarna gelap dan bintik – bintik merah cerah. Dahi kerapu tomat sedikit cekung, dan badannya lebih tinggi daripada kerapu sejenis. Ukuran maksimal 57 cm (panjang).

Distribusi
Kerapu tomat tersebar di perairan Indo-Pasifik, mulai dari Pesisir Timur Afrika hingga Kepulauan Line di Selatan Hawaii, serta Perairan Barat Daya Jepang hingga Laut Tasman di Australia.

Habitat dan Tingkah Laku
Mendiami kawasan laguna yang dalam dan berbatu atau kawasan terumbu luar yang curam. Ditemukan hidup pada kedalaman sepuluh hingga seratus lima puluh meter. Memangsa ikan kecil dan krustasea.

Manfaat Komersil
Kerapu tomat dimanfaatkan sebagai ikan konsumsi dan memiliki harga yang cukup tinggi. DDijual baik dalam bentuk ikan segar, beku, maupun hidup. Ditangkap menggunakan pancing, jaring, tombak, atau perangkap.

Catatan
Ikan kerapu tomat memiliki fase warna gelap, dimana pada fase tersebut, warna dasar tubuh cenderung menjadi cokelat gelap atau kebiruan dengan bintik – bintik merah. Fase gelap ini yang menyebabkan ikan ini seringkali disalahidentifikasikan sebagai Cephalopholis rogaa, karena kemiripan bentuk kepala dan tubuhnya yang tinggi. Namun, C. rogaa memiliki warna tubuh yang lebih seragam, dan tidak memiliki bintik – bintik merah seperti pada C. sonnerati.

Referensi

  1. Allen, G., Steene, R., Humann, P., & Deloach, N. (2005). Reef fish identification: tropical Pacific. Singapore: D2Print Pte Ltd; ISBN 1-878348-36-1.
  2. Baldwin, C. C., & Johnson, G. D. (1994). FAO Species Catalogue. Vol. 16. Groupers of the World (Family Serranidae, Subfamily Epinephelinae). An Annotated and Illustrated Catalogue of the Grouper, Rockcod, Hind, Coral Grouper, and Lyretail Species Known to Date. FAO Fish. Synopsis. Vol. 125. FAO, Rome. pp. 55–56.
  3. Kuiter, R. H. & Tonozuka, T. (2001). Pictorial guide to Indonesian reef fishes Part 1 Eels to Snappers: Muraenidae to Lutjanidae. Zoonetics. Australia.
  4. Ma, K. Y., & Craig, M. T. (2018). An inconvenient monophyly: an update on the taxonomy of the groupers (Epinephelidae). Copeia, 106(3), 443-456.


1 Comment to Cephalopholis sonnerati – Kerapu tomat (Tomato hind)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *