Zebrasoma scopas – Burung laut (Twotone tang)

2023 Data Samudera Ikan

Zebrasoma scopas (Cuvier, 1829)

Burung laut
Twotone tang

Etimologi
Zebrasoma, dari zebra yang mengacu pada kuda zebra karena tubuh ikan ini yang bergaris-garis terutama pada ikan juvenil dan soma yang berarti ‘tubuh’. Scopas dari istilah Bahasa Yunani skopas yang mengacu pada nama yang diciptakan oleh para pematung di era Yunani Kuno.

Klasifikasi Ilmiah
Ordo Acanthuriformes > Famili Acanthuridae

Status Konservasi
Least Concern (Risiko rendah)

Deskripsi Singkat
Burung laut memiliki tubuh berbentuk oval besar dan sangat memipih. Mulut ikan ini kecil dan terletak di ujung moncong. Sitip punggung dan dubur hampir simetris, apabila dibuka berbentuk seperti layar. Tubuh ikan memiliki warna cokelat terang di bagian kepala dan bergradasi menjadi cokelat kehitaman di bagian ekor. Pada pangkal ekot terdapat taji yang berwarna putih. Sirip ekor berwarna hitam. Ikan juvenil memiliki garis-garis putih yang menurun dari sirip punggung menuju bagian perut. Ukuran maksimal 20 cm (Panjang)

Distribusi
Burung laut ditemukan di kawasan Indo-Pasifik mulai dari Pesisir Timur Afrika, Asia Tenggara, hingga Perairan Jepang, Australia Utara, dan Kepulauan Pasifik.

Habitat dan Tingkah Laku
Burung laut mendiami kawasan perairan berterumbu yang kaya pada kedalaman hingga 50 meter. Biasa ditemukan dalam kelompok kecil. Diketahui memakan ganggang laut sebagai makanan utamanya.

Manfaat Komersil
Bukan merupakan ikan konsumsi bernilai ekonomis penting, namun seringkali ditemukan pada perdagangan ikan hias.

Catatan
Ikan ini diketahui dapat dihibridisasi dengan ikan dari genus Zebrasoma lainnya. Hasil hybrid ikan ini sangat dicari pada perdagangan ikan hias karena warnanya yang unik.

Referensi

  1. Allen, G., Steene, R., Humann, P., & Deloach, N. (2005). Reef fish identification: tropical Pacific. Singapore: D2Print Pte Ltd; ISBN 1-878348-36-1.
  2. Carpenter, K. E., & Niem, V. H. (2001). FAO species identification guide for fishery purposes. The living marine resources of the Western Central Pacific. Volume 6 Bony fishes part 4 (Labridae to Latimeriidae), estuarine crocodiles, sea turtles, sea snakes and marine mammals. FAO Library.
  3. Kaithefishguy. (2015). The speciation, biogeography and hybridization of Zebrasoma [dalam] ReefBuilders. Diakses dari https://reefbuilders.com/2015/06/29/speciation-biogeography-hybridization-zebrasoma/
  4. Rudi, E., & Fadli, N. (2012). Komunitas ikan karang herbivora di perairan Aceh bagian utara. Depik, 1(1).
  5. .

Sitasi yang disarankan:
Andrimida, A., 2023 (2 Oktober). Acanthurus grammoptilus – Botana liris-halus (FIne-lined surgeonfish). [dalam] Mata Samudera. Malang. Diakses dari https://matasamudera.id/2023/10/02/zebrasoma-scopas/


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *