Promethichthys prometheus – Tenggiri laut-dalam (Roudi escolar)

2023 Data Samudera Ikan

Prometichthys prometheus (Cuvier, 1832)

Tenggiri laut-dalam
Roudi escolar

Etimologi
Prometichthys, dari prometheus yang diambil dari nama dewa api dalam mitologi Yunani. Ichthys dari Bahasa Yunani yang berarti ‘ikan’.

Klasifikasi Ilmiah
Ordo Scombriformes > Famili Gempylidae

Status Konservasi
Least Concern (Risiko rendah)

Deskripsi Singkat
Tenggiri laut-dalam memiliki tubuh yang memanjang dan pipih serta tidak tertutupi sisik. Tubuh ikan ini berwarna hitam, namun akan berupah keperakan apabila telah disimpan dalam waktu yang lama. Gurat sisi tunggal, dan memiliki profil menurun yang curam tepat di atas sirip renang. Ikan ini memiliki mulut yang besar dengan gigi – gigi yang tajam dan tegas. Rahang bawahnya memiliki ukuran yang sedikit lebih panjang daripada rahang atasnya. Sirip punggung dengan jari-jari keras lebih tinggi daripada sirip punggung dengan jari – jari lunak. Pangkal ekor tidak memiliki caudal keel, namun memiliki dua finlet masing-masing di bagian atas dan bawah. Ukuran maksimal 100 cm (panjang).

Distribusi
Tenggiri laut-dalam memiliki penyebaran di perairan Tropis dan Subtropis di seluruh dunia, namun jarang ditemukan di kawasan Pasifik Timur (Pesisir Barat benua Amerika).

Habitat dan Tingkah Laku
Penghuni laut dalam pada kedalaman 80 hingga 800 meter. Bersifat benthopelagic atau cenderung hidup di kolom perairan yang mendekati dasar. Karnivora perenang cepat yang memangsa ikan kecil, cumi, dan krustasea.

Manfaat Komersil
Bukan merupakan spesies dengan nilai ekonomi yang tinggi, namun seringkali menjadi hasil tangkapan samping perikanan tuna atau tertangkap oleh alat tangkap trawl yang beroperasi di laut lepas. Ikan ini memiliki daging yang sangat berminyak dan kurang diminati di berbagai negara.

Catatan
Ikan Gempylidae apabila dikonsumsi secara berlebih dapat menyebabkan kerriorhea, yang disebabkan oleh menumpuknya senyawa ester minyak dalam tubuh yang membuatnya menjadi beracun. Racun ini dikenal dengan istilah gempylotoxin. Penderita yang mengalami kerriorhea akan mengalami diare dan mengeluarkan cairan minyak berwarna oranye karena akumulasi dari senyawa ester tersebut.

Ikan Gempylidae berukuran besar juga diketahui memiliki kandungan merkuri (Hg) yang jauh di ambang batas aman (>0,5 ppm). Karena alasan ini, ikan gindara kini dilarang untuk di impor di berbagai negara di penjuru dunia, terutama negara-negara Eropa.

Referensi

  1. Aldsworth, T. (2017). Fish: escolar and oilfish. In Foodborne Diseases (pp. 527-533). Academic Press.
  2. Carpenter, K. E., & Niem, V. H. (2001). FAO species identification guide for fishery purposes. The living marine resources of the Western Central Pacific. Volume 6. Bony fishes part 4 (Labridae to Latimeriidae), estuarine crocodiles, sea turtles, sea snakes and marine mammals. FAO Library.
  3. Gonzalez-Pajuelo, J. M., & Lorenzo Nespereira, J. M. (1995). Population biology of the roudi escolar Promethichthys prometheus (Gempylidae) off the Canary IslandsScientia Marina.
  4. Lorenzo, J. M., & Pajuelo, J. G. (1995). Biological parameters of the roudi escolar Promethichthys prometheus (Pisces: Gempylidae) off the Canary IslandsFisheries research24(1), 65-71.
  5. VIANA, D., PORTO, M. R., JÚNIOR, T. V., & HAZIN, F. (2012). Scientific Note First record of the Roudi escolar Promethichthys prometheus (Cuvier, 1832)(Teleostei: Gempylidae), off São Pedro and São Paulo Archipelago, Brazil. Pan-American Journal of Aquatic Sciences, 7(3), 171-174.
  6. White, W. T., Dharmadi, Last, P. R., Faizah, R., Chodrijah, U., Prisantoso, B. I., … & SJ, M. B. (2013). Market fishes of Indonesia. Australian Centre for International Agricultural Research..

Sitasi yang disarankan:
Andrimida, A., 2023 (19 September). Promethichthys prometheus – Tenggiri laut-dalam (Roudi escolar). [dalam] Mata Samudera. Malang. Diakses dari https://matasamudera.id/2023/09/19/prometichthys-prometheus/


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *