Acanthurus grammoptilus – Botana liris-halus (Fine-lined surgeonfish)

2023 Data Samudera Ikan

Acanthurus grammoptilus Richardson, 1843

Botana liris-halus
Fine-lined surgeonfish

Etimologi
Acanthurus, dari Bahasa Yunani akantha yang berarti ‘duri’ dan oura yang berarti ekor, mengacu pada duri yang menonjol di pangkal ekornya. Grammoptilus dari Bahasa Yunani gramma yang berarti ‘garis-garis’ dan ptilus yang berarti ‘bulu’, mengacu pada corak garis-garis halus pada tubuhnya.

Klasifikasi Ilmiah
Ordo Acanthuriformes > Famili Acanthuridae

Status Konservasi
Least Concern (Risiko rendah)

Deskripsi Singkat
Botana liris-halus memiliki tubuh berbentuk oval besar dan memipih. Tubuh ikan memiliki warna cokelat-kelabu dengan garis-garis biru yang halus. Pada bagian mata terdapat garis berwarna kuning, sedangkan pada bagian pipi memiliki warna kebiruan. Sirip renang memiliki ujung berwarna kuning. Pangkal ekor memiliki duri berwarna hitam. SIrip ekor berbentuk sabit yang dangkal, dimana pangkal sirip ekor memiliki cincin berwarna putih. Sirip punggung dan anus memiliki corak garis biru yang tipis. Ukuran maksimal 35 cm (Panjang)

Distribusi
Botana liris-halus ditemukan di kawasan Pasifik Asia mulai dari pesisir Utara Australia, Papua Nugini, Indonesia, dan Filipina.

Habitat dan Tingkah Laku
Botana liris-halus mendiami kawasan perairan berterumbu dengan kedalaman 2 hingga 20 meter. Biasa ditemukan pada habitat terumbu karang di kawasan pesisir. Hidup dalam kelompok kecil, dan diketahui memakan ganggang laut sebagai makanan utamanya.

Manfaat Komersil
Bukan merupakan ikan bernilai komersil penting, namun seringkali menjadi tangkapan pada kegiatan perikanan artisanal.

Catatan
Memiliki kemiripan dengan ikan botana sirip-kuning (Acanthurus xanthopterus). Perbedaan diantara keduanya terletak pada warna tubuh yang lebih cerah pada A. xanthopterus, serta sirip renang yang sepenuhnya berwarna kuning.

Referensi

  1. Allen, G., Steene, R., Humann, P., & Deloach, N. (2005). Reef fish identification: tropical Pacific. Singapore: D2Print Pte Ltd; ISBN 1-878348-36-1.
  2. Carpenter, K. E., & Niem, V. H. (2001). FAO species identification guide for fishery purposes. The living marine resources of the Western Central Pacific. Volume 6 Bony fishes part 4 (Labridae to Latimeriidae), estuarine crocodiles, sea turtles, sea snakes and marine mammals. FAO Library.
  3. Rudi, E., & Fadli, N. (2012). Komunitas ikan karang herbivora di perairan Aceh bagian utara. Depik, 1(1).
  4. Wilopo, M. D., Utami, M. A. F., Harefa, F., Santoso, H., Vandana, E., Permanda, E. E., & Rahman, Z. A. (2022). IDENTIFIKASI JENIS IKAN TERUMBU PADA EKOSISTEM TERUMBU KARANG DI PERAIRAN DESA MALAKONI PULAU ENGGANO. JURNAL ENGGANO, 7(1), 79-91.

Sitasi yang disarankan:
Andrimida, A., 2023 (19 September). Acanthurus grammoptilus – Botana liris-halus (FIne-lined surgeonfish). [dalam] Mata Samudera. Malang. Diakses dari https://matasamudera.id/2023/09/19/acanthurus-grammoptilus/


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *