Pseudotriacanthus strigilifer – Cagak-langit duri-panjang (Long-spined tripodfish)

2023 Data Samudera Ikan

Pseudotriacanthus strigilifer (Cantor, 1849)

Cagak-langit duri-panjang
Long-spined tripodfish

Etimologi
Pseudotriacanthus, dari Bahasa Yunani pseudes yang berarti ‘palsu’, tri yang berarti ‘tiga’ dan akantha yang berarti ‘duri’, mengacu pada duri sirip punggung dan duri-duri pada sirip perutnya. Strigilifer dari Bahasa Latin strigilis yang berarti ‘pengeruk’, dan fer yang berarti ‘pembawa’

Klasifikasi Ilmiah
Ordo Tetraodontiformes > Famili Monacanthidae

Status Konservasi
Tidak dievaluasi (Not evaluated)

Deskripsi Singkat
Cagak-langit duri-panjang memiliki tubuh yang pipih dan memanjang. Tubuh memiliki kulit yang tebal dan kasar ketika disentuh. Mulut kecil dan terletak diujung moncong. Ekor ikan ini bercabang, yang membedakannya dengan ekor ikan famili Triacanthodidae yang membulat. Duri sirip punggung pertama sangat panjang, duri kedua sirip punggung panjangnya sekitar setengah panjang duri pertama. Tubuh berwarna keperakan, dengan corak garis kuning kehijauan di bagian punggung. Sirip umumnya berwarna transparan. Ukuran maksimal 25 cm (Panjang)

Distribusi
Cagak-langit duri-panjang memiliki sebaran di kawasan Indo-Pasifik, mulai dari Teluk Persia, Teluk Oman, Laut Arab, Teluk Benggala, Filipina, Laut Cina Selatan, Teluk Thailand, Indonesia, dan Australia Utara.

Habitat dan Tingkah Laku
Mendiami kawasan pesisir, terutama perairan estuari yang bersubstrat pasir dan lumpur. Ditemukan juga pada kedalaman lebih dari 60 meter. Memakan invertebrata bentik.

Manfaat Komersil
Bukan ikan dengan nilai komersil, namun biasa menjadi hasil samping tangkapan dalam jumlah kecil.

Catatan
Pseudotriacanthus strigilifer dibedakan dengan anggota famili lain, terutama Tripodichthys dari duri kedua sirip punggung yang panjangnya mencapai setengah duri pertama.

Referensi

  1. Carpenter, K. E., & Niem, V. H. (2001). FAO species identification guide for fishery purposes. The living marine resources of the Western Central Pacific. Volume 6 Bony fishes part 4 (Labridae to Latimeriidae), estuarine crocodiles, sea turtles, sea snakes and marine mammals. FAO Library.
  2. Matsuura, K. (2015). Taxonomy and systematics of tetraodontiform fishes: a review focusing primarily on progress in the period from 1980 to 2014Ichthyological Research62, 72-113.
  3. Raeisi, H., Rahnema, B., & Jebeleh, A. R. (2016). Population dynamic of Long-spined tripodfish (Pseudotriacanthus strigilifer (Cantor, 1849 in the Persian Gulf (Hormozgan Province). Journal of Aquatic Ecology, 6(2), 73-82.

Sitasi yang disarankan:
Andrimida, A., 2023 (11 September). Pseudotriacanthus strigilifer – Cagak-langit duri-panjang (Long-spined tripodfish). [dalam] Mata Samudera. Malang. Diakses dari https://matasamudera.id/2023/09/11/pseudotriacanthus-strigilifer/


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *