Hemigymnus melapterus – Kenari biasa (Blackeye thicklip)

2023 Data Samudera Ikan

Hemigymnus melapterus (Bloch, 1791)

Kenari biasa
Blackeye thicklip

Etimologi
Hemigymnus, dari Bahasa Yunani hemi yang berarti ‘setengah’ dan gymnos yang berarti ‘telanjang’, mengacu pada warna tubuhnya yang hanya setengah-berwarna. Melapterus dari Bahasa Yunani melo yang berarti ‘hitam’ dan pterus yang berarti ‘sirip’, mengacu pada sirip ekornya yang berwarna hitam.

Klasifikasi Ilmiah
Ordo Perciformes > Famili Labridae

Status Konservasi
Least Concern (Risiko rendah)

Deskripsi Singkat
Kenari biasa memiliki tubuh oval memanjang dengan kepala yang lancip. Bagian dahi memiliki kontur yang mendatar menuju bagian mulut. Mulut kecil namun memiliki bibir yang tebal. Warna tubuh bervariasi bergantung pada fase kedewasaan atau jenis kelaminnya. Warna kepala hingga tubuh bagian depan keperakan, terkadang dahi berwarna kehijauan. DI bagian belakang mata terdapat bercak cokelat dengan garis tepi biru kehijauan. Tubuh bagian belakang berwarna hitam, dengan tepian luar sisik berwarna putih. Sirip ekor pada ikan dewasa berwarna hitam, namun pada ikan juvenil berwarna kuning. Ukuran maksimal 39 cm (Panjang)

Distribusi
Kenari biasa ditemukan di kawasan Indo-Pasifik Barat mulai dari pesisir timur Afrika, Laut Merah, hingga ke Samoa, serta Perairan Barat Daya Jepang hingga Perairan Tenggara Australia.

Habitat dan Tingkah Laku
Mendiami kawasan perairan berterumbu dengan kedalaman hingga 30 meter. Ikan muda ditemukan di perairan yang teduh, terutama yang memiliki karang bercabang untuk tempat persembunyian. Ikan dewasa cenderung hidup di tempat yang lebih terbuka. Memangsa invertebrata penghuni dasar perairan seperti moluska, cacing, bintang-ular laut dan crustacea.

Manfaat Komersil
Bukan merupakan ikan bernilai komersil penting, namun merupakan komoditas yang cukup umum ditemukan di perdagangan ikan hias air laut.

Catatan
Dibedakan dari spesies kerabatnya Hemigymnus fasciatus yang memiliki garis-garis vertikan pada bagian berwarna hitam di tubuhnya.

Referensi

  1. Allen, G., Steene, R., Humann, P., & Deloach, N. (2005). Reef fish identification: tropical Pacific. Singapore: D2Print Pte Ltd; ISBN 1-878348-36-1.
  2. Carpenter, K. E., & Niem, V. H. (2001). FAO species identification guide for fishery purposes. The living marine resources of the Western Central Pacific. Volume 6 Bony fishes part 4 (Labridae to Latimeriidae), estuarine crocodiles, sea turtles, sea snakes and marine mammals. FAO Library.
  3. Mundy, B. C. (2005). Checklist of the fishes of the Hawaiian Archipelago. Bishop Mus. Bull. Zool.6, 1-704.
  4. Randall, J. E. (2013). Review of the Indo-Pacific labrid fish genus Hemigymnus. Journal of the Ocean Science Foundation, 6, 2-18.
  5. Taquet, M., & Diringer, A. (2012). Fishes of the Indian Ocean and Red Sea. Editions Quae.

Sitasi yang disarankan:
Andrimida, A., 2023 (07 September). Hemigymnus melapterus – Kenari biasa (Blackeye thicklip). [dalam] Mata Samudera. Malang. Diakses dari https://matasamudera.id/2023/09/07/hemigymnus-melapterus/


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *