Cheilinus chlorourus – Somay blorok (Floral wrasse)

2023 Data Samudera Ikan

Cheilinus chlorourus (Bloch, 1791)

Somay blorok
Floral wrasse

Etimologi
Cheilinus, dari Bahasa Yunani cheilos yang berarti ‘bibir’ dan ainos yang berarti ‘murung’, mengacu pada mulutnya yang menonjol menyerupai orang murung. Chlorourus dari Bahasa Yunani khloros yang berarti ‘hijau’ dan oura yang berarti ‘ekor’.

Klasifikasi Ilmiah
Ordo Perciformes > Famili Labridae

Status Konservasi
Least Concern (Risiko rendah)

Deskripsi Singkat
Somay blorok memiliki tubuh memipih dan lebar. Bagian dahi diantara mata memiliki kontur yang cekung, dan dilanjutkan dengan kontur yang mendatar menuju bagian mulut. Mulut kecil dan membentuk sudut lancip. Satu-satunya ikan dari genus Cheilinus yang memiliki jari-jari sirip keras berjumlah sepuluh. Warna tubuh bervariasi mulai dari kehijauan, kecokelatan, hingga cokelat kemerahan dengan corka berupa bintik-bintik putih hampir di seluruh tubuhnya. Ukuran maksimal 36 cm (Panjang)

Distribusi
Somay blorok ditemukan di kawasan Samudera Indo-Pasifik mulai dari pesisir timur Afrika, Laut Merah, hingga ke Tuamotu dan Kepulauan Paskah (Rapa Nui).

Habitat dan Tingkah Laku
Mendiami kawasan perairan berterumbu dengan kedalaman 2 hingga 30 meter. Biasa ditemukan pada habitat yang beraira tenang atau teduh pada kawasan laguna atau terumbu. Terkadang ditemukan di pantai berpasir dan berbatu. Hidup menyendiri, dan diketahui memangsa invertebrata penghuni dasar perairan seperti moluska dan crustacea.

Manfaat Komersil
Bukan merupakan ikan bernilai komersil penting, namun merupakan komoditas yang vukup umum ditemukan di perdagangan ikan hias air laut.

Catatan
Memiliki kemiripan dengan ikan Cheilinus trilobatus. Ikan Cheilinus trilobatus tidak memiliki bintik putih pada sirip dubur dan ekor. Selain itu ekor C. trilobatus memiliki garis hitam yang tebal serta jari-jari keras sirip punggungnya berjumlah sembilan.

Referensi

  1. Allen, G., Steene, R., Humann, P., & Deloach, N. (2005). Reef fish identification: tropical Pacific. Singapore: D2Print Pte Ltd; ISBN 1-878348-36-1.
  2. Asriyana, A., Irawati, N., & Halili, H. (2020). Length-weight relationships and ponderal index of three reef fish (Teleostei: Labridae) off the Tanjung Tiram coast, Southeast Sulawesi, Indonesia. Biodiversitas Journal of Biological Diversity, 21(4).
  3. Carpenter, K. E., & Niem, V. H. (2001). FAO species identification guide for fishery purposes. The living marine resources of the Western Central Pacific. Volume 6 Bony fishes part 4 (Labridae to Latimeriidae), estuarine crocodiles, sea turtles, sea snakes and marine mammals. FAO Library.
  4. Moore, B., & Colas, B. (2016). Identification guide to the common coastal food fishes of the Pacific Islands region. University Of Tasmania.
  5. Mundy, B. C. (2005). Checklist of the fishes of the Hawaiian Archipelago. Bishop Mus. Bull. Zool.6, 1-704.
  6. Taquet, M., & Diringer, A. (2012). Fishes of the Indian Ocean and Red Sea. Editions Quae.

Sitasi yang disarankan:
Andrimida, A., 2023 (07 September). Cheilinus chlorourus – Somay blorok (Floral wrasse). [dalam] Mata Samudera. Malang. Diakses dari https://matasamudera.id/2023/09/07/cheilinus-chlorourus/


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *