Pomacanthus semicirculatus- Angel koran (Semicircle angelfish)

2023 Data Samudera Ikan

Pomacanthus semicirculatus (Cuvier, 1831)

Angel koran
Semicircle angelfish

Etimologi
Pomacanthus, dari Bahasa Yunani poma yang berarti ‘penutup’ dan akantha yang berarti ‘duri’, mengacu pada satu duri yang menonjol di penutup insangnya. Semicirculatus dari Bahasa Latin yang berarti ‘setengah lingkaran’, mengacu pada corak garis-garis pada ikan muda yang berbentuk setengah lingkaran.

Klasifikasi Ilmiah
Ordo Perciformes > Famili Pomacanthidae

Status Konservasi
Least Concern (Risiko rendah)

Deskripsi Singkat
Angel koran memiliki tubuh berbentuk oval besar dan memipih. Bagian dahi diantara mata dan mulut memiliki kontur yang cekung. Mulut kecil dan sedikit menghadap ke atas. Tubuh ikan dewasa memiliki warna cokelat-kehijauan dengan bagian tengah tubuh yang lebih cerah. Sisik angel koran memiliki tepian luar berwarna biru, begitu juga dengan tepian luar sirip (kecuali sirip renang), dan tepian luar penutup insang (termasuk duri insang) . Sirip renang berwarna kuning. Ikan juvenil memiliki tubuh berwarna biru gelap dengan garis – garis setengah lingkaran berwarna putih dan biru muda. Ukuran maksimal 40 cm (Panjang)

Distribusi
Angel koran ditemukan di kawasan Samudera Indo-Pasifik mulai dari pesisir timur Afrika, Laut Merah, hingga ke Kaledonia Baru, serta dari Pesisir Selatan kepulauan Jepang hingga ke Pantai Utara Australia dan great Barrier Reef.

Habitat dan Tingkah Laku
Mendiami kawasan perairan berterumbu dengan kedalaman 1 hingga 40 meter. Biasa ditemukan pada habitat terumbu karang yang kaya, dimana ikan ini biasa ditemukan berlindung di bawah ceruk – ceruk atau gua yang teduh. Hidup berpasangan, dan diketahui memangsa invertebrata penghuni dasar perairan seperti sponge dan tunicata. Juga diketahui memakan ganggang laut.

Manfaat Komersil
Bukan merupakan ikan bernilai komersil penting, namun merupakan komoditas yang umum ditemukan di perdagangan ikan hias air laut.

Catatan
Juvenil ikan dari Genus Pomacanthus sangat mirip satu sama lainnya, dimana perbedaannya hanya terletak pada pola yang ada di tubuhnya. Angel koran memiliki corak tubuh yang melingkar-lingkar, dan dalam perdagangan ikan hias dikenal dengan nama “Bluestone Koran”.

Referensi

  1. Allen, G., Steene, R., Humann, P., & Deloach, N. (2005). Reef fish identification: tropical Pacific. Singapore: D2Print Pte Ltd; ISBN 1-878348-36-1.
  2. Carpenter, K. E., & Niem, V. H. (2001). FAO species identification guide for fishery purposes. The living marine resources of the Western Central Pacific. Volume 6 Bony fishes part 4 (Labridae to Latimeriidae), estuarine crocodiles, sea turtles, sea snakes and marine mammals. FAO Library.
  3. Mundy, B. C. (2005). Checklist of the fishes of the Hawaiian Archipelago. Bishop Mus. Bull. Zool.6, 1-704.
  4. Taquet, M., & Diringer, A. (2012). Fishes of the Indian Ocean and Red Sea. Editions Quae.

Sitasi yang disarankan:
Andrimida, A., 2023 (06 September). Pomacanthus semicirculatus – Angel koran (Semicircle angelfish). [dalam] Mata Samudera. Malang. Diakses dari https://matasamudera.id/2023/09/06/pomacantus-semicirculatus/


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *