Hemiramphus lutkei – Julung-julung lutke (Lutke’s halfbeak)

2023 Data Samudera Ikan

Hemiramphus lutkei Valenciennes, 1847

Julung-julung lutkei
Lutke’s halfbeak

Etimologi
Hemiramphus lutkei, dari Bahasa Yunani hemi yang berarti ‘setengah’ dan ramphos, yang berarti ‘paruh’ atau ‘cucut’, mengacu pada bentuk rahangnya yang asimetris. Lutkei dari nama perwira laut dan penjelajah berkebangsaan Rusia, Fedor Petrovich Lütke.

Klasifikasi Ilmiah
Ordo Beloniformes > Famili Hemiramphidae

Status Konservasi
Not evaluated (Tidak dievaluasi)

Deskripsi Singkat
Julung-julung lutke memiliki tubuh yang memanjang rahang bawah yang memanjang dan memipih. Rahang atas pendek dan berbentuk segitiga tanpa tertutup oleh sisik. Sirip renang memanjang dan lancip, sirip ekor menggarpu dengan sisi bawah lebih panjang daripada sisi atasnya. Memiliki warna tubuh keperakan di bagian bawah dan biru-kehitaman di bagian punggung. Tubuh tidak tertutup oleh corak tertentu, rahang bawah berwarna hitam dengan ujung merah. Sirip ekor bagian atas memiliki semu kebiruan. Ukuran maksimal 40 cm (Panjang)

Distribusi
Julung-julung lutke memiliki penyebaran di kawasan Samudera Hindia dan Pasifik bagian Tengah dan Barat, mulai dari Indonesia, Filipina, Papua Nugini, Jepang hingga ke Samoa.

Habitat dan Tingkah Laku
Julung-julung lutke mendiami kawasan pesisir yang rimbun, terutama yang memiliki vegetasi rapat. Ikan juvenil dan ikan muda terkadang ditemukan hingga ke lepas pantai, terutama diantara tanaman yang mengapung. Memakan tanaman yang mengapung dan krustasea kecil.

Manfaat Komersil
Termasuk jenis yang dimanfaatkan secara komersil di Indonesia, biasa dipasarkan dalam bentuk segar atau kering (diasinkan).

Catatan
Memiliki kemiripan dengan H. archipelagicus dan H. far. H. far memiliki sisi tubuh dengan bercak-bercak hitam, sementara H. archipelagicus memiliki warna tubuh yang lebih cerah dan ekor kekuningan.

Referensi

  1. Allen, G., Steene, R., Humann, P., & Deloach, N. (2005). Reef fish identification: tropical Pacific. Singapore: D2Print Pte Ltd; ISBN 1-878348-36-1.
  2. Behera, A., Roul, S. K., Kumar, A. P., Bhushan, S., Gangan, S. S., & Jaiswar, A. K. (2020). First report confirming the occurrence of jumping halfbeak Hemiramphus archipelagicus Collette and Parin 1978 (Beloniformes: Hemiramphidae) from the Western Bay of Bengal. Thalassas: An International Journal of Marine Sciences, 36, 239-243.
  3. Carpenter, K. E., & Niem, V. H. (2001). FAO species identification guide for fishery purposes. The living marine resources of the Western Central Pacific. Volume 4 Bony fishes part 2 (Mugilidae to Carangidae). FAO Library.
  4. Hata, H., Koeda, K., Ho, H. C., & Motomura, H. (2018). First record of Hemiramphus archipelagicus (Beloniformes: Hemiramphidae) from Taiwan. Platax, 15, 65-71.
  5. Kuiter, R. H. & Tonozuka, T. (2001). Pictorial guide to Indonesian reef fishes Part 1 Eels to Snappers: Muraenidae to Lutjanidae. Zoonetics. Australia.
  6. Talakua, M., Suadi, S., Djumanto, D., & Setyobudi, E. (2022). Record of Hemiramphus lutkei Valenciennes, 1847 from Seram Sea, Maluku, Indonesia with its molecular characterization. Biodiversitas Journal of Biological Diversity, 23(3).

Sitasi yang disarankan:
Andrimida, A., 2023 (9 April). Hemiramphus lutkei – Julung-julung lutke (Lutke’s halfbeak). [dalam] Mata Samudera. Malang. Diakses dari https://matasamudera.id/2023/09/05/hemiramphus-lutkei/


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *