Gymnothorax tile – Moa lumpur (Indian mud moray)

2023 Data Samudera Ikan

Gymnothorax tile (Hamilton, 1822)

Moa lumpur
Indian mud moray

Etimologi
Gymnothorax, dari Bahasa Yunani gymnos yang berarti ‘Telanjang’ dan thorax yang berarti ‘Dada’. Tile dari penyebutan nama lokal ikan ini dalam Bahasa Bengali.

Klasifikasi Ilmiah
Ordo Anguilliformes > Famili Muraenidae

Status Konservasi
Least concern (Risiko rendah)

Deskripsi Singkat
Moa lumpur memiliki bentuk tubuh tipikal belut, yakni memanjang gilik. Ikan ini tidak memiliki sirip renang maupun sirip dada, dan memiliki sirip punggung yang menyatu dengan sirip ekor dan sirip dubur. Tubuh moa lumpur berwarna cokelat kelabu dengan corak irreguler berwarna kekuningan atau putih gading. Ukuran maksimal 60 cm (Panjang)

Distribusi
Ditemukan pada Perairan Indo-Pasifik Barat, mulai dari Pesisir India, hingga Filipina dan Indonesia.

Habitat dan Tingkah Laku
Moa lumpur memiliki penglihatan yang terbatas, dan menandalkan indera penciumannya untuk mendeteksi sekelilingnya. Moa lumpur merupakan spesies soliter yang memangsa ikan – ikan dan invertebrata kecil.

Manfaat Komersil
Belum dimanfaatkan untuk bahan makanan, namun sangat umum dijumpai di perdagangan ikan hias.

Catatan
Moray lumpur merupakan ikan yang terbiasa hidup di lingkungan yang masih dipengaruhi salinitas. Meski dapat bertahan hidup di air tawar, namun memelihara moray lumpur di air yang memiliki salinitas hampir nol dapat memperpendek usia ikan dan membuat ikan rawan terkena penyakit.

Referensi

  1. Allen, G., Steene, R., Humann, P., & Deloach, N. (2005). Reef fish identification: tropical Pacific. Singapore: D2Print Pte Ltd; ISBN 1-878348-36-1.
  2. Carpenter, K. E., & Niem, V. H. (2001). FAO species identification guide for fishery purposes. The living marine resources of the Western Central Pacific. Volume 3 Batoid fishes, chimaeras and Bony fishes part 1 (Elopidae to Linophrynidae). FAO Library.
  3. Kottelat, M., A.J. Whitten, S.N. Kartikasari and S. Wirjoatmodjo. (1993). Freshwater fishes of Western Indonesia and Sulawesi. Periplus Editions, Hong Kong.
  4. Kuiter, R. H. & Tonozuka, T. (2001). Pictorial guide to Indonesian reef fishes Part 1 Eels to Snappers: Muraenidae to Lutjanidae. Zoonetics. Australia.

Sitasi yang disarankan:
Andrimida, A., 2023 (25 Juli). Gymnothorax tile – Moa lumpur (Indian mud moray). [dalam] Mata Samudera. Malang. Diakses dari https://matasamudera.id/2023/07/25/gymnothorax-tile/


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *