Pomacanthus imperator – Angel batman (Emperor angelfish)

2023 Data Samudera Ikan

Pomacanthus imperator (Bloch, 1787)

Angel batman
Emperor angelfish

Etimologi
Pomacanthus, dari Bahasa Yunani poma yang berarti ‘penutup’ dan akantha yang berarti ‘duri’, mengacu pada satu duri yang menonjol di penutup insangnya. Imperator dari Bahasa Latin yang berarti ‘kaisar’.

Klasifikasi Ilmiah
Ordo Perciformes > Famili Pomacanthidae

Status Konservasi
Least Concern (Risiko rendah)

Deskripsi Singkat
Angel batman memiliki tubuh berbentuk oval besar dan memipih. Bagian dahi diantara mata dan mulut memiliki kontur yang cekung. Mulut kecil dan sedikit menghadap ke atas. Tubuh ikan dewasa memiliki warna kuning dengan garis – garis biru keunguan. Wajah berwarna biru muda dengan topeng berwarna hitam dengan garis luar berwarna biru neon. Ujung sirip punggung dan sirip ekor berwarna kuning. Ikan juvenil memiliki tubuh berwarna biru gelap dengan garis – garis menyerupai sidik jari berwarna putih dan biru muda. Ukuran maksimal 40 cm (Panjang)

Distribusi
Angel batman ditemukan di kawasan Samudera Indo-Pasifik mulai dari pesisir timur Afrika, Laut Merah, hingga ke Kaledonia Baru, serta dari Pesisir Selatan kepulauan Jepang hingga ke Pantai Utara Australia dan great Barriee Reef.

Habitat dan Tingkah Laku
Mendiami kawasan perairan berterumbu dengan kedalaman 1 hingga 100 meter. Biasa ditemukan pada habitat terumbu karang yang kaya, dimana ikan ini biasa ditemukan berlindung di bawah ceruk – ceruk atau gua yang teduh. Hidup berpasangan, dan diketahui memangsa invertebrata penghuni dasar perairan seperti sponge dan tunicata.

Manfaat Komersil
Bukan merupakan ikan bernilai komersil penting, namun merupakan komoditas yang umum ditemukan di perdagangan ikan hias air laut.

Catatan
Nama “Imperator” yang berarti kaisar merupakan bentuk penghormatan para ilmuwan Eropa terhadap Kaisar Jepang, dimana ikan ini pertamakali didapatkan dan dideskripsikan.

Juvenil ikan dari Genus Pomacanthus sangat mirip satu sama lainnya, dimana perbedaannya hanya terletak pada pola yang ada di tubuhnya. Angel batman memiliki corak tubuh yang melingkar-lingkar, dan dalam perdagangan ikan hias dikenal dengan nama “Bluestone Asli” (Blusutun aseli dalam dialek lokal).

Referensi

  1. Allen, G., Steene, R., Humann, P., & Deloach, N. (2005). Reef fish identification: tropical Pacific. Singapore: D2Print Pte Ltd; ISBN 1-878348-36-1.
  2. Carpenter, K. E., & Niem, V. H. (2001). FAO species identification guide for fishery purposes. The living marine resources of the Western Central Pacific. Volume 6 Bony fishes part 4 (Labridae to Latimeriidae), estuarine crocodiles, sea turtles, sea snakes and marine mammals. FAO Library.
  3. Mundy, B. C. (2005). Checklist of the fishes of the Hawaiian Archipelago. Bishop Mus. Bull. Zool.6, 1-704.
  4. Taquet, M., & Diringer, A. (2012). Fishes of the Indian Ocean and Red Sea. Editions Quae.

Sitasi yang disarankan:
Andrimida, A., 2023 (28 Mei). Pomacanthus imperator – Angel batman (Emperor angelfish). [dalam] Mata Samudera. Malang. Diakses dari https://matasamudera.id/2023/05/28/pomacantus-imperator/


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *