Pseudomonacanthus macrurus – Sonang rumput-laut (Strap-weed filefish)

2023 Data Samudera Ikan

Pseudomonacanthus macrurus (Bleeker, 1856)

Sonang rumput-laut
Strap-weed filefish

Etimologi
Pseudomonacanthus, dari Bahasa Yunani pseudo yang berarti ‘palsu’, mono yang berarti ‘satu’ dan akantha yang berarti ‘duri’, mengacu pada satu duri sirip yang menonjol di punggungnya. Macrurus dari Bahasa Yunani makros yang berarti ‘panjang’ dan oura yang berarti ‘ekor’.

Klasifikasi Ilmiah
Ordo Tetraodontiformes > Famili Monacanthidae

Status Konservasi
Least Concern (Risiko rendah)

Deskripsi Singkat
Sonang rumput-laut memiliki tubuh berbentuk hampir segienam yang memanjang dan pipih. Tubuh tertutupi oleh tonjolan kuit kecil yang menyerupai daun rumput laut. Bagian dahi diantara mata dan mulut memiliki kontur yang cekung. Mulut kecil dan sedikit menghadap ke atas. Jari-jari sirip punggung pertama mengeras dan diselubungi oleh lapisan kulit. Pada bagian perut terdapat lembaran kulit yang dapat dilipat. Tubuh memiliki warna yang beragam, namun umumnya memiliki kombinasi warna kehijauan, kuning, cokelat, hingga kelabu. Memiliki bercak-bercak tubuh berwarna gelap. Pada bagian belakang mata terdapat bercak berwarna cokelat gelap hingga kehitaman, Ukuran maksimal 24 cm (Panjang)

Distribusi
Sonang rumput-laut ditemukan di kawasan Samudera Pasifik bagian Barat, terutama yang berada di pesisir Benua Asia yang mencakup Semenanjung Malaya, Indonesia, Filipina, dan Papua Nugini. Belakangan juga ditemukan di kawasan Kepulauan Ryukyu, Jepang.

Habitat dan Tingkah Laku
Mendiami kawasan perairan dangkal dengan kedalaman kurang dari 10 meter. Biasa ditemukan pada habitat padang lamun dan rumput laut maupun pada pantai berpasir dan berkarang. Hidup berpasangan, dan ikan jantan diketahui akan menjaga sarang yang berisi telur.

Manfaat Komersil
Bukan merupakan ikan bernilai komersil penting, namun seringkali tertangkap oleh kapal yang mengunakan alat tangkap jaring dasar.

Catatan

Referensi

  1. Allen, G., Steene, R., Humann, P., & Deloach, N. (2005). Reef fish identification: tropical Pacific. Singapore: D2Print Pte Ltd; ISBN 1-878348-36-1.
  2. Carpenter, K. E., & Niem, V. H. (2001). FAO species identification guide for fishery purposes. The living marine resources of the Western Central Pacific. Volume 6 Bony fishes part 4 (Labridae to Latimeriidae), estuarine crocodiles, sea turtles, sea snakes and marine mammals. FAO Library.
  3. Fraser-Brunner, A. (1940). The fishes of the genus Pseudomonacanthus with descriptions of two new speciesBull Raffles Mus16, 62-67.
  4. Matsuura, K., & Chiba, S. N. (2013). First record of the filefish, Pseudomonacanhus macrurus (Bleeker, 1856), from Yoronjima Island, Ryukyu Islands (Actinopterygii, Tetraodontiformes, Monacanthidae). Bulletin of the National Museum of Nature and Science. Series A, Zoology= 国立科学博物館研究報告. A 類, 動物学/ National Museum of Nature and Science39(4), 211-213.
  5. Taquet, M., & Diringer, A. (2012). Fishes of the Indian Ocean and Red Sea. Editions Quae.

Sitasi yang disarankan:
Andrimida, A., 2023 (23 Mei). Pseudomonacanthus macrurus – Sonang rumput-laut (Strap-weed filefish). [dalam] Mata Samudera. Malang. Diakses dari https://matasamudera.id/2023/04/23/pseudomonacanthus-macrurus/


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *