Heniochus singularius – Layaran-kuning punuk (Singular bannerfish)

2023 Data Samudera Ikan

Heniochus singularius Smith & Radcliffe, 1911

Layaran-kuning punuk
Singular bannerfish

Etimologi
Heniochus, dari Bahasa Yunani hene yang berarti ‘satu’, dan ochus yang berarti ‘tombak’. Singularius dari Bahasa Latin singularis yang berarti ‘khas’ atau ‘tunggal’.

Klasifikasi Ilmiah
Ordo Perciformes > Famili Chaetodontidae

Status Konservasi
Least Concern (Risiko rendah)

Deskripsi Singkat
Layaran-kuning punuk merupakan anggota ikan layaran (Genus Heniochus) dengan ukuran tubuh terbesar. Tubuh hingga sirip dubur berwarna hitam dengan garis putih pada sirip punggung menuju perut dan pada dahi menuju pangkal sirip perut. Filamen sirip punggung panjangnya tidak mencapai pangkal sirip ekor. Sirip renang, sirip punggung bagian belakang, dan sirip ekor berwarna kuning. Memiliki tonjolan keras di dahi bagian atas. Ukuran maksimal 30 cm (Panjang)

Distribusi
Layaran-kuning punuk ditemukan di kawasan Samudera Hindia dan Samudera Pasifik bagian Barat, mulai dari Maladewa, Indonesia, Filipina, hingga Samoa, dan Perairan Utara Australia hingga Perairan Barat Daya Jepang.

Habitat dan Tingkah Laku
Mendiami kawasan laguna atau terumbu yang curam, hidup berpasangan atau menyendiri pada kedalaman 3 hingga 25 meter. Memakan invertebrata seperti kepiting, cacing, dan invertebrata kecil lainnya.

Manfaat Komersil
Bukan merupakan ikan bernilai komersil penting dan jarang dijumpai pada perdagangan ikan hias air laut.

Catatan
Sangat mirip dengan ikan layaran-kuning muka-hitam (Heniochus monoceros), yang membedakan adalah H. monoceros memiliki sirip dubur berwarna kuning.

Referensi

  1. Allen, G., Steene, R., Humann, P., & Deloach, N. (2005). Reef fish identification: tropical Pacific. Singapore: D2Print Pte Ltd; ISBN 1-878348-36-1.
  2. Carpenter, K. E., & Niem, V. H. (2001). FAO species identification guide for fishery purposes. The living marine resources of the Western Central Pacific. Volume 5 Bony fishes part 3 (Menidae to Pomacentridae). FAO Library.
  3. Prayoga, A. (2021) Buku Identifikasi Ikan Karang Desa Les. LINI Foundation.
  4. Taquet, M., & Diringer, A. (2012). Fishes of the Indian Ocean and Red Sea. Editions Quae.

Sitasi yang disarankan:
Andrimida, A., 2023 (12 April). Heniochus singularius – Layaran-kuning punuk (Singular bannerfish). [dalam] Mata Samudera. Malang. Diakses dari https://matasamudera.id/2023/04/12/heniochus-singularius/


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *