Coryphaena hippurus – Lemadang (Common Dolphinfish)

2023 Data Samudera Ikan

Coryphaena hippurus Linnaeus, 1758

Lemadang (Tompek)
Common Dolphinfish/Mahi-mahi

Etimologi
Coryphaena, dari Bahasa Yunani coryphe yang berarti ‘mahkota’. Hippurus dari Bahasa Yunani hippos yang berarti ‘kuda’ dan urus yang berarti ‘ekor’.

Klasifikasi Ilmiah
Ordo Carangiformes > Famili Coryphaenidae

Status Konservasi
Least Concern (Risiko rendah)

Deskripsi Singkat
Ikan Lemadang memiliki tubuh yang meanjang dan pipih. Ikan muda memiliki kepala yang membulat atau cembung dibagian dahinya, sementara ikan dewasa memiliki dahi yang menonjol. Ekor ikan lemadang menggarpu dan berukuran panjang. Sirip punggungnya tunggal dan lebar. Ian lemadang dewasa, terutama yang jantan memiliki warna tubuh kuning-kehijauan di bagian sisi dan kebiruan di bagian punggungnya. Ikan betina biasanye memiliki warna yang cenderung pudar dan keperakan. Ikan yang mati akan berangsur berubah menjadi keperakan. Ukuran maksimal 162 cm (Panjang)

Distribusi
Ikan lemadang ditemukan di hampir seluruh bagian samudera tropis dan subtropis di seluruh dunia.

Habitat dan Tingkah Laku
Merupakan spesies ikan pemigrasi yang kebanyakan masa hidupnya berada di perairan pelagis lepas pantai. Terkadang ikan lemadang juga ditemukan berlindung di bawah tumpukan sampah yang mengapung di permukaan perairan. Di sisi lain, ikan juvenil banyak ditemukan di kawasan yang dekat dengan pesisir. Merupakan karnivora pemakan ikan kecil, terutama ikan terbang (Exocoetidae) dan larva ikan besar beserti ikan kuwe dan tongkol. Ikan ini jga ditemukan memakan invertebrata, seperti sotong, udang-udangan, ubur-ubur, dan bahkan reptil seperti anakan penyu. Hal ini menandakan bahwa ikan lemadang merupakan predator oportunistik yang melahap semua sumber makanan yang tersedia.

Manfaat Komersil
Ikan ekonomis penting di Perairan Indonesia, ditangkap baik dalam skala nelayan artisanal hingga skala industri. Banyak ditangkap menggunakan alat tangkap pancing, seperti pancing ulur, tonda, dan rawai. Ikan lemadang juga sangat digemari bagi para pemancing rekreasional dan pegiat spearfishing.

Catatan
Ikan lemadang muda seringkali sangat mirip dengan ikan Coryphaena equiselis, perbedaan terletak pada proporsi kepala dan ukuran tubuhnya. Terlebih lagi, identifikasi detail dapat dilihat melalui kumpulan gigi lidah yang membentuk lingkaran pada C. hippurus, dan trapezoid pada C. equiselis.

Referensi

  1. Allen, G., Steene, R., Humann, P., & Deloach, N. (2005). Reef fish identification: tropical Pacific. Singapore: D2Print Pte Ltd; ISBN 1-878348-36-1.
  2. Budianto, I., Andrimida, A., Noviyanto, T.A. (2021). Panduan Identifikasi Spesies Perikanan Tuna PPP Pondokdadap. Malang: UPT PPP Pondokdadap. ISBN: 978-623-96442-0-8
  3. Carpenter, K. E., & Niem, V. H. (2001). FAO species identification guide for fishery purposes. The living marine resources of the Western Central Pacific. Volume 4 Bony fishes part 2 (Mugilidae to Carangidae). FAO Library.
  4. Lasso, J., & Zapata, L. (1999). Fisheries and biology of Coryphaena hippurus (Pisces: Coryphaenidae) in the Pacific coast of Colombia and PanamaScientia Marina63(3-4), 387-399.
  5. Mantiri, N. R., Tilaar, F. F., Pratasik, S. B., Sinjal, H., Lohoo, A. V., & Rondonuwu, A. B. (2023). Morphological characteristics of dolphinfish Coryphaena hippurus Linnaeus 1758 landed in Kalinaun Village, East of Likupang District, North SulawesiJurnal Ilmiah PLATAX11(1), 114-121.
  6. Oxenford, H. A., & Hunte, W. (1999). Feeding habits of the dolphinfish (Coryphaena hippurus) in the eastern CaribbeanScientia Marina63(3-4), 303-315.
  7. Varela, J. L., Lucas-Pilozo, C. R., & González-Duarte, M. M. (2017). Diet of common dolphinfish (Coryphaena hippurus) in the Pacific coast of EcuadorJournal of the Marine Biological Association of the United Kingdom97(1), 207-213.

Sitasi yang disarankan:
Andrimida, A., 2023 (11 April). Coryphaena hippurus – Lemadang (Common Dolphinfish). [dalam] Mata Samudera. Malang. Diakses dari https://matasamudera.id/2023/04/11/coryphaena-hippurus/


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *