Plectorhinchus vittatus – Kompele macan (Oriental sweetlips)

2023 Data Samudera Ikan
kompele macan

Plectorhinchus vittatus (Linnaeus, 1758)

Kompele macan (Kaci-kaci belang)
Oriental sweetlips

Etimologi
Plectorhinchus, dari Bahasa Yunani plektron yang berarti ‘taji’, dan hynchos yang berarti ‘moncong’ atau ‘rahang’, mengacu pada tonjolan yang ada pada rahang bawah di beberapa spesies. Vittatus dari Bahasa Latin yang berarti ‘bergaris-garis’, mengacu pada pola warna tubuhnya.

Klasifikasi Ilmiah
Ordo Perciformes > Famili Haemulidae

Status Konservasi
Least Concern (Risiko rendah)

Deskripsi Singkat
Kompele macan memiliki tubuh dengan warna dasar putih-kelabu dengan semu biru di bagian punggung, dan berubah menjadi putih pucat di bagian perutnya. Sirip, moncong, dan dahi berwarna kuning cerah, sementara sirip memiliki bintik – bintik hitam. Ikan dewasa memiliki corak garis hitam lurus yang memanjang dari kepala hingga ke bagian belakang tubuh. Ikan juvenil memiliki warna tubuh hitam dengan bercak – bercak putih yang bertepian kuning. Ukuran maksimal 85 cm (panjang).

Distribusi
Kompele macan memiliki penyebaran di Indo-Pasifik Barat, mulai dari Pesisir Timur Afrika hingga ke Australia dan Samoa, serta Perairan Selatan Jepang.

Habitat dan Tingkah Laku
Hidup di kawasan terumbu karang pada kedalaman 2 hingga 25 meter, sementara ikan juvenil sering ditemukan di kawasan perairan yang dangkal dan terlindung. Ikan juvenil memiliki kebiasaan berenang dengan meliuk-liukkan tubuhnya dengan cepat. Karnivora dan memiliki kebiasaan berburu di malam hari.

Manfaat Komersil
Dimanfaatkan sebagai ikan konsumsi di banyak daerah di Indonesia, terutama oleh masyarakat nelayan yang mencari ikan disekitar terumbu karang. Ikan juvenil banyak ditemukan dalam perdagangan ikan hias.

Catatan
Kompele macan memiliki kemiripan dengan banyak spesies kerabatnya, seperti P. lineatus yang memiliki garis diagonal dan tidak memiliki corak di bagian perutnya. Selain itu, P. lessoni juga memiliki garis hitam yang lurus dari arah kepala hingga bagian belakang tubuh, namun memiliki perut yang bersih dari corak hitam.

Referensi

  1. Allen, G., Steene, R., Humann, P., & Deloach, N. (2005). Reef fish identification: tropical Pacific. Singapore: D2Print Pte Ltd; ISBN 1-878348-36-1.
  2. Burhanuddin, A. I., & Iwatsuki, Y. (2012). The grunts (family Haemulidae) of the spermonde archipelago, South SulawesiJurnal Ilmu dan Teknologi Kelautan Tropis4(2).
  3. Carpenter, K. E., & Niem, V. H. (2001). FAO species identification guide for fishery purposes. The living marine resources of the Western Central Pacific. Volume 5 Bony fishes part 3 (Menidae to Pomacentridae). FAO Library.
  4. Kuiter, R. H. & Tonozuka, T. (2001). Pictorial guide to Indonesian reef fishes Part 1 Eels to Snappers: Muraenidae to Lutjanidae. Zoonetics. Australia.
  5. Randall, J. E., & Johnson, J. W. (2000). Perca lineata and P. vittata established as valid species of Plectorhinchus (Perciformes: Haemulidae)MEMOIRS-QUEENSLAND MUSEUM45(2), 477-482.

Andrimida, A., 2023 (5 April). Plectorhinchus vittatus – Kompele macan (Oriental sweetlips). [dalam] Mata Samudera. Malang. Diakses dari https://matasamudera.id/2023/04/05/plectorhinchus-vittatus/


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *