Aeoliscus strigatus – Piso-piso (Razorfish)

2023 Data Samudera Ikan

Aeoliscus strigatus (Günther, 1861)

Piso-piso
Razorfish

Etimologi
Aeoliscus, dari Bahasa Yunani Aeolis, sebuah kawasan di Asia Minor (sekarang Turkiye), dan Aeolus, dewa angin Yunani. Strigatus dari Bahasa Latin strigata yang berarti ‘garis’, mengacu pada garis yang ada di sisi tubuhnya.

Klasifikasi Ilmiah
Ordo Syngnathformes > Famili Centriscidae

Status Konservasi
Data Deficient (Kekurangan data)

Deskripsi Singkat
Ikan piso-piso memiliki tubuh memanjang dan sangat pipih. Tubuhnya tertutup oleh struktur tulang yang keras. Memiliki moncong yang panjang dan berbentuk tabung. Jari – jari sirip dorsal yang ada di belakang tubuhnya dapat digerakkan dengan bebas. Berwarna cokelat-oranye atau hijau-kekuningan dengan garis hitam tebal di sisi tubuhnya. Bagian mulut terkadang terdapat semu warna merah. Ukuran maksimal 15 cm (panjang).

Distribusi
Ikan piso-piso memiliki penyebaran di Indo-Pasifik Barat, dengan pengecualian di Laut Merah.

Habitat dan Tingkah Laku
Penghuni kawasan pesisir yang dangkal pada ekosistem terumbu karnag dan padang lamun. Hidup dalam kelompok besar dan memiliki kebiasaan berenang dengan posisi kepala berada di bawah. Terkadang ditemukan berlindung di antara bulu babi Diadema setosum maupun diantara percabangan karang. Memakan zooplankton.

Manfaat Komersil
Tidak dimanfaatkan sebagai ikan konsumsi, namun sangat umum dijumpai pada perdagangan ikan hias air laut.

Catatan
Ikan piso – piso diketahui memiliki pola warna yang berbeda menurut habitatnya, ikan piso-piso yang ada disekitar terumbu karang cenderung berwarna kekuningan atau kecokelatan, sementara yang hidup di kawasan padang lamun memiliki semu kehijauan, dan yang hidup di kawasan berbatu dan berpasir memiliki warna tubuh keperakan.

Terdapat studi mengenai stabilitas, turbulensi dan tingkat kemampuan bermanuver ikan piso-piso yang dapat menjadi basis model untuk pembuatan Underwater Autonomous Vehicle (UAV).

Referensi

  1. Allen, G., Steene, R., Humann, P., & Deloach, N. (2005). Reef fish identification: tropical Pacific. Singapore: D2Print Pte Ltd; ISBN 1-878348-36-1.
  2. Carpenter, K. E., & Niem, V. H. (2001). FAO species identification guide for fishery purposes. The living marine resources of the Western Central Pacific. Volume 4. Bony fishes part 2 (Mugilidae to Carangidae). FAO Library.
  3. Hoon, T. C. (2014). Longspine razorfish at Pulau Hantu. Singapore Biodiversity Records. 63
  4. Keifenheim, J. (2016). A study of the hydrostatic and hydrodynamic properties of Aeoliscus straigatus (Doctoral dissertation, The University of Wisconsin-Milwaukee).
  5. Kuiter, R. H. & Tonozuka, T. (2001). Pictorial guide to Indonesian reef fishes Part 1 Eels to Snappers: Muraenidae to Lutjanidae. Zoonetics. Australia.
  6. Lim, K. K. (1998). A guide to common marine fishes of Singapore. Singapore Science Centre.
  7. Nontji, A. (2018). Ikan piso-piso: Gaya berenang yang aneh. Oseanografi LIPI. 1-3

Sitasi yang disarankan:
Andrimida, A., 2023 (5 April). Aeoliscus strigatus – Piso-piso (Razorfish). [dalam] Mata Samudera. Malang. Diakses dari https://matasamudera.id/2023/04/05/aeoliscus-strigatus/


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *