Satyrichthys laticeps – (Armored sea gurnard)

2023 Data Samudera Ikan

Satyrichthys laticeps (Schlegel, 1852)

Armored sea gurnard

Etimologi
Satyrichthys, dari Bahasa Yunani satyros yang berarti ‘makhluk mitologi setengah manusia-setengah hewan (biasanya kambing)’ dan ichthys yang berarti ‘ikan’. Laticeps dari Bahasa Yunani latis yang berarti ‘lebar’ dan ceps yang berarti ‘kepala’.

Klasifikasi Ilmiah
Ordo Scorpaeniformes > Famili Peristediidae

Status Konservasi
Least Concern (Risiko rendah)

Deskripsi Singkat
Satyrichthys laticeps merupakan ikan dengan bentuk badan yang unik, yakni ditutupi oleh tulang eksternal dengan kepala berbentuk sekop yang lebar dengan dua tanduk. Ikan ini berwarna merah hingga merah bata. Satyrichthys laticeps memiliki ciri khusus yakni dengan memiliki antara tiga sampai lima barbel yang menempel di mulut, dan dua hingga lima barbel yang menempel di dagu. Tonjolan tulang pada pangkal ekor ikan ini juga memiliki duri yang menghadap ke arah yang berlawanan, dan rangka tulang dahi yang tidak simetris. Ukuran maksimal 55 cm (panjang).

Distribusi
Satyrichthys laticeps diduga memiliki penyebaran di perairan Tropis dan Subtropis Indo-Pasifik, mulai dari Pesisir Timur Afrika, Laut Arab, Perairan Indonesia, Laut Cina Timur, dan Jepang.

Habitat dan Tingkah Laku
Tidak banyak yang diketahui mengenai biologi ikan ini karena sedikitnya sampel yang ditemukan hingga saat ini. Namun ikan ini diketahui mampu menggunakan barbelnya untuk mengais – ngais dasar perairan untuk menemukan mangsa yang tersembunyi di bawah substrat.

Manfaat Komersil
Tidak ada manfaat komersil, hingga saat ini ikan ini tertangkap sebagai hasil samping para nelayan yang melaksanakan penangkapan ikan di sekitar lautan dalam.

Catatan
Anggota genus Satyrichthys memiliki karakteristik tubuh yang sangat mirip antara satu dengan yang lainnya. Satyrichthys laticeps dapat dibedakan dari S. moluccensis melalui jumlah barbel yang dimilikinya, dimana S. moluccensis hanya memiliki 3 barbel mulut dan 0 – 2 barbel dagu. Sementara S. welchi memiliki perbedaan yakni pada sirip punggungnya yang berbintik – bintik. S. milleri memiliki warna yang lebih gelap, dan tidak memiliki duri yang berlawanan di pangkal ekornya.

Temuan Satyrichthys laticeps di Selat Sempu pada Tahun 2022 merupakan catatan keempat temuan ikan ini di Perairan Indonesia, setelah dua catatan dari Perairan Ambon dan satu catatan dari lepas Pantai Selatan Jawa.

Ikan serupa dianggap menjadi pertanda bencana di beberapa wilayah di Indonesia, namun hal ini masih belum terbukti secara ilmiah.

Referensi

  1. Andrimida, A., Wiadnya, D. G. R., & Hardiyan, F. Z. (2022). New record of the Armored Gurnard Satyrichthys laticeps (Schlegel, 1852) (Scorpaeniformes: Peristediidae) from Java South Sea (Eastern Indian Ocean). Indo Pacific Journal of Ocean Life, 6(2).
  2. Kawai, T. (2013). Revision of the peristediid genus Satyrichthys (Actinopterygii: Teleostei) with the description of a new species, S. milleri sp. novZootaxa3635(4), 419-438.
  3. Ngamniyom, A. (2020). Microstructures of barbels and bony plates of Satyrichthys laticeps (Actinopterygii: Peristediidae)Journal of Fisheries8(2), 850-853.
  4. Pogoreutz, C., Vitecek, S., & Ahnelt, H. (2014). First record of Satyrichthys laticeps and second record of Satyrichthys kikingeri (Teleostei: Peristediidae) from the Maldives Archipelago (Indian Ocean)Marine Biodiversity Records7, e61.
  5. Van Oijen, M. J., Kawai, T., & Loots, I. (2013). Putative type specimens of Satyrichthys (Scorpaeniformes: Peristediidae) in the Bleeker collection of the Naturalis Biodiversity Center, Leiden, The NetherlandsZootaxa3670(2), 207-214.

Sitasi yang disarankan:
Andrimida, A., 2023 (4 April). Satyrichthys laticeps – (Armored sea gurnard). [dalam] Mata Samudera. Malang. Diakses dari https://matasamudera.id/2023/04/04/satyrichthys-laticeps/


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *