Phidiana militaris – Phidiana militer (Military phidiana)

2023 Data Samudera Moluska

Phidiana militaris (Alder & Hancock, 1864)

Phidiana militer
Military phidiana

Etimologi
Phidiana, diambil dari nama Phidias, seorang seniman pada masa Yunani Kuno. Militaris diambil dari Bahasa Latin yang berarti militer atau berkaitan dengan ketentaraan.

Klasifikasi Ilmiah
Ordo Nudibranchia > Famili Myrrhinidae

Status Konservasi
Belum dievaluasi (Not evaluated)

Deskripsi Singkat
Phidiana militaris memiliki tubuh memanjang dan ditutupi oleh perpanjangan tubuh yang disebut dengan cerata. Tubuh nudibranch ini berwarna putih dengan garis berwarna oranye yang ada di bagian tengah kepala dan para tiap oral tentakel. Cerata memiliki warna merah marun dengan ujung kuning bercincin biru. Selain itu, nudibranch ini juga memiliki rhinopore berwarna oranye. Ukuran maksimal 3 cm (Panjang)

Distribusi
Awalnya ditemukan di perairan India, namun belakangan diketahui menyebar hingga di banyak kawasan di Indo-Pasifik, diantaranya Oman, New Zealand, Hongkong, Indonesia Thailand, dan Filipina. Ditemukan pula menyebar ke Laut Mediterania, tepatnya di Pesisir Israel. Diduga nudibranch ini menyebar ke Laut Mediterania melalui Terusan Suez.

Habitat dan Tingkah Laku
Phidiana militaris ditemukan di ekosistem terumbu karang yang kaya dan berada pada perairan yang teduh. Makanan utamanya merupakan Hydroid.

Manfaat Komersil
Merupakan nudibranch yang cukup sulit untuk ditemukan, sehingga cenderung tidak memiliki nilai ekonomis dari pemanfaatan langsung. Namun, nudibranch secara umum dapat memberikan manfaat ekonomi dari kegiatan wisata minat khusus underwater macrophotography.

Catatan
Nudibranch ini memiliki kemiripan dengan beberapa anggota famili Facelinidae, pembedanya terdapat pada warna, corak, dan susunan ceratanya..

Referensi

  1. Alder, J. & Hancock, A. (1864) Notice of a collection of Nudibranchiate Mollusca made in India by Walter Elliot, Esq., with descriptions of several new genera and species. Transactions of the Zoological Society of London 5: 113-147.
  2. Andrimida, A. (2021). Inventarisasi Berilustrasi Siput Laut (Gastropoda: Heterobranchia) Di Selat Sempu, IndonesiaBiotropika: Journal of Tropical Biology9(3), 190-202.
  3. Andrimida, A. (2023) Nudibranch dan Fauna Laut Kriptik di Selat Sempu. Citra Airiz: Sleman-Yogyakarta.
  4. Andrimida, A., & Hermawan, R. (2020). Assessing cryptic marine fauna diversity as underwater macrophotography (UMP) objects in Sempu Strait, Indonesia. In E3S Web of Conferences (Vol. 153, p. 01001). EDP Sciences.
  5. Gosliner, T. M., Valdés, Á., & Behrens, D. W. (2015). Nudibranch and Sea Slug Identification; Indo-Pacific.,(New World Publications: Jacksonville, FL, USA.).
  6. Rothman, S. B., Mienis, H. K., & Galil, B. S. (2017). Alien facelinid nudibranchs in the eastern Mediterranean: first report of Phidiana militaris (Alder and Hancock, 1864) and report of Caloria indica (Bergh, 1896) 30 years after its previous sightingBioInvasions Records6(2), 125-128.
  7. Rudman, W.B. (1980) Aeolid opisthobranch molluscs (Glaucidae) from the Indian Ocean and the south-west Pacific. Zoological Journal of the Linnean Society, 68: 139-172.
  8. Rudman, W.B., 2001 (January 7) Phidiana militaris (Alder & Hancock, 1864). [In] Sea Slug Forum. Australian Museum, Sydney. Available from http://www.seaslugforum.net/factsheet/phidmili

Sitasi yang disarankan:
Andrimida, A., 2023 (12 September). Phidiana militaris – Phidiana militer (Military phidiana). [dalam] Mata Samudera. Malang. Diakses dari https://matasamudera.id/2023/09/12/phidiana-militaris/


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *