Conus ebraeus – Kerucut ibrani (Hebrew cone)

2023 Data Samudera Moluska

Conus ebraeus Linnaeus, 1758

Kerucut ibrani
Hebrew cone

Etimologi
Conus, dari Bahasa Latin yang berarti ‘kerucut’ mengacu pada bentuk cangkang siput ini. Ebraeus dari Bahasa Latin hebraeus yang berarti ‘Ibrani’, mengacu pada pola warna cangkangnya yang menyerupai huruf Ibrani.

Klasifikasi Ilmiah
Ordo Neogastropoda > Famili Conidae

Status Konservasi
Risiko rendah (Least concern)

Deskripsi Singkat
Kerucut ibrani memiliki bentuk cangkang yang kecil, pendek dengan puncak cangkang yang pendek. Cangkang siput ini memiliki tekstur bergaris-garis halus. Cangkang berwarna putih dengan corak berupa persegi tak beraturan berwarna hitam. Ukuran maksimal 6,2 cm (Panjang)

Distribusi
Kerucut ibrani itemukan pada Perairan Indo-Pasifik, mulai dari Laut Merah, hingga pesisir Benua Amerika.

Habitat dan Tingkah Laku
Kerucut ibrani biasa ditemui di perairan dangkal, terutama dengan substrat berpasir dan berbatu. Juga ditemukan di kawasan dekat terumbu karang. DIketahui memakan cacing.

Manfaat Komersil
Cangkangnya banyak diambil untuk bahan hiasan.

Catatan
Memiliki kemiripan dengan C. judaeus, keduanya dapat dibedakan melalui bentuk corak cangkang atau gigi radulanya.

Referensi

  1. Bowring, P. (2018). Empire of the winds: The global role of Asia’s great archipelago. Bloomsbury Publishing.
  2. Carpenter, K. E., & Niem, V. H. (2001). FAO species identification guide for fishery purposes. The living marine resources of the Western Central Pacific. Volume 1. Seaweeds, corals, bivalves and gastropods. FAO Library.
  3. Tebiary, L. A., Leiwkabessy, F., & Rumahlatu, D. (2022). Species density and morphometric variation of species belonging to Conus (Gastropoda: Conidae) genera in the coastal waters of Ambon Island, Indonesia. Biodiversitas Journal of Biological Diversity, 23(3).
  4. Widiansyah, A. T., Indriwati, S. E., & Arief, M. (2016). Inventarisasi Jenis dan Potensi Mollusca di Zona Pasang Surut Tipe Substrat Berbatu Pantai Gatra Kabupaten Malang. Seminar Nasional Pendidikan dan Saintek 2016

Sitasi yang disarankan:
Andrimida, A., 2023 (11 September). Conus ebraeus – Kerucut ibrani (Hebrew cone). [dalam] Mata Samudera. Malang. Diakses dari https://matasamudera.id/2023/09/11/conus-ebraeus/


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *