Bursatella leachii – Kelinci laut brewok (Ragged sea hare)

2023 Data Samudera Moluska

Bursatella leachii Blainville, 1817

Kelinci laut brewok
Ragged sea hare

Etimologi
Bursatella, dari Bahasa Latin bursa yang berarti ‘dompet’ mengacu pada tubuhnya yang menggembung menyerupai dompet. Leachii dari nama William Elford Leach, naturalis dan peneliti biologi berkebangsaan Inggris atas jasanya dalam meneliti invertebrata laut.

Klasifikasi Ilmiah
Ordo Aplysiida > Famili Aplysiidae

Status Konservasi
Belum dievaluasi (Not evaluated)

Deskripsi Singkat
Kelinci laut brewok memiliki tubuh membulat oval dan ditutupi oleh banyak tonjolan yang disebut dengan papillae yang panjang dan bercabang. Panjang papillae ini sangat bervariasi, juga bergantung pada ukuran tubuh kelinci laut ini. Tubuh nudibranch ini berwarna dasar kelabu-kehijauan dengan bercak kehitaman, serta adanya cincin ocelli berwarna biru neon. Ukuran maksimal 25 cm (Panjang)

Distribusi
Sirkumtropis, tersebar hampir di seluruh samudera tropis di seluruh dunia. Ditemukan juga di Perairan Mediterrania yang subtropis melalui Terusan Suez.

Habitat dan Tingkah Laku
Kelinci laut brewok merupakan kelinci laut generalis yang hampir dapat ditemukan pada substrat apapun, seperti pasir, terumbu karang, bebatuan, dan lumpur. kelinci laut ini diketahui bersifat detritivor yang memakan detritus dan bahan organik yang ada di dasar perairan.

Manfaat Komersil
Meskipun kelinci laut ini sangat melimpah dan mudah untuk ditemukan, kelinci laut ini belum memiliki nilai ekonomis dari pemanfaatan langsung. Namun, kelinci laut secara umum dapat memberikan manfaat ekonomi dari kegiatan wisata minat khusus underwater macrophotography.

Catatan
Di Danau Pulicat India yang memiliki salinitas rendah, kelinci laut ini ditemukan melimpah dan mampu bertahan hidup di lingkungan yang hampir payau.

Referensi

  1. Andrimida, A. (2021). Inventarisasi Berilustrasi Siput Laut (Gastropoda: Heterobranchia) Di Selat Sempu, IndonesiaBiotropika: Journal of Tropical Biology9(3), 190-202.
  2. Andrimida, A., & Hermawan, R. (2020). Assessing cryptic marine fauna diversity as underwater macrophotography (UMP) objects in Sempu Strait, Indonesia. In E3S Web of Conferences (Vol. 153, p. 01001). EDP Sciences.
  3. Andrimida, A. (2023). Nudibranch dan Fauna Laut Kriptik di Selat Sempu. Penerbit Citra Airiz: Sleman, Yogyakarta.
  4. Gosliner, T. M., Valdés, Á., & Behrens, D. W. (2015). Nudibranch and Sea Slug Identification; Indo-Pacific.,(New World Publications: Jacksonville, FL, USA.).
  5. Paige, JA. (1988). Biology, metamorphosis and postlarval development of Bursatella leachii plei Rang (Gastropoda: Opisthobranchia). Bulletin of Marine Science, 42(1): 65-75
  6. Rudman, W.B., 1998 (July 27) Bursatella leachii de Blainville, 1817. [In] Sea Slug Forum. Australian Museum, Sydney. Available from http://www.seaslugforum.net/factsheet/bursleac
  7. Sethi, S., Kokane, M. R., Otta, S. K., & Sethi, G. (2015). First record of ragged sea hare Bursatella leachii Blainville, 1817 (Opisthobranchia: Euopisthobranchia: Aplysiidae) in Pulicat Lake, east coast of India. Marine Biodiversity Records, 8, e34.
  8. Weitzmann, B., Garcia, M., & Ballesteros, E. (2007). Primera cita de la llebre de mar Bursatella leachi (de Blainville, 1817) a la costa mediterrània peninsular. Gea, Flora et Fauna. Notes breus (fauna).

Sitasi yang disarankan:
Andrimida, A., 2023 (8 Agustus). Bursatella leachii – Kelinci laut brewok (Ragged sea hare). [dalam] Mata Samudera. Malang. Diakses dari https://matasamudera.id/2023/08/08/bursatella-leachii/


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *