Monetaria caputserpentis – Kuwuk kepala-ular (Snakehead cowry)

2023 Data Samudera Moluska

Monetaria caputserpentis (Linnaeus, 1758)

Kuwuk kepala-ular
Snakehead cowry

Etimologi
Monetaria, dari Bahasa Latin moneta yang berarti ‘Uang’ atau ‘Koin’, mengacu pada sejarah kerang ini yang digunakan sebagai alat pembayaran di dunia kuno. Caputserpentis dari Bahasa Latin caput yang berarti ‘Kepala’ dan serpentis yang berarti ‘Ular’, mengacu pada warna cangkangnya yang menyerupai kepala ular.

Klasifikasi Ilmiah
Ordo Littorinimorpha > Famili Cypraeidae

Status Konservasi
Belum dievaluasi (Not evaluated)

Deskripsi Singkat
Kuwuk kepala-ular memiliki bentuk cangkang bulat telur apabila dilihat dari atas, dan berbentuk menyerupai biji kopi apabila dilihat dari bawah. Cangkang siput ini memiliki tekstur yang sangat halus dan licin ketika disentuh. Sisi atas cangkang memiliki tepian berwarna hitam yang tebal, dan bagian tengah yang berwarna cokelat dengan bintik – bintik cokelat kekuningan yang cerah. Sisi bawah cangkang memiliki warna pucat di sekeliling bibir cangkang, dan bergradasi menuju warna cokelat gelap di tepian luarnya. Ukuran maksimal 5 cm (Panjang)

Distribusi
Ditemukan pada Perairan Indo-Pasifik, mulai dari Laut Merah, hingga Filipina dan Australia.

Habitat dan Tingkah Laku
Kuwuk kepala-ular umum dijumpai pada kawasan pantai yang dangkal dan berbatu. Beberapa spesimen juga ditemukan di perairan yang lebih dalam.

Manfaat Komersil
Cangkangnya banyak diambil untuk bahan hiasan.

Catatan
Dalam sejarah Nusantara, kerang kuwuk (Cypraeidae) merupakan salah satu alat tukar yang penting bagi para pelaut. Kerang kuwuk banyak dibawa oleh kapal – kapal saudagar sebagai alat tukar karena sifatnya yang tidak bisa berkarat atau rusak terkena air laut, tidak dapat dimakan oleh tikus, dan tidak rawan dicuri.

Referensi

  1. Bowring, P. (2018). Empire of the winds: The global role of Asia’s great archipelago. Bloomsbury Publishing.
  2. Carpenter, K. E., & Niem, V. H. (2001). FAO species identification guide for fishery purposes. The living marine resources of the Western Central Pacific. Volume 1. Seaweeds, corals, bivalves and gastropods. FAO Library.
  3. Tan, S. K., & Yeo, R. K. H. (2010). The intertidal molluscs of Pulau Semakau: preliminary results of “Project Semakau”Nature in Singapore3, 287-296.
  4. Widiansyah, A. T., Indriwati, S. E., & Arief, M. (2016). Inventarisasi Jenis dan Potensi Mollusca di Zona Pasang Surut Tipe Substrat Berbatu Pantai Gatra Kabupaten Malang. Seminar Nasional Pendidikan dan Saintek 2016

Sitasi yang disarankan:
Andrimida, A., 2023 (23 Juni). Monetaria caputserpentis – Kuwuk kepala-ular (Snakehead cowry). [dalam] Mata Samudera. Malang. Diakses dari https://matasamudera.id/2023/06/23/monetaria-capurserpentis/


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *