Turbo bruneus – Turbo cokelat kerdil (Brown pacific turban snail)

2023 Data Samudera Moluska

Turbo bruneus (Röding, 1798)

Turbo cokelat kerdil
Brown pacific turban snail

Etimologi
Turbo, dari Bahasa Latin yang berarti ‘Gasing’, mengacu pada bentuk cangkangnya secara umum. Bruneus dari Bahasa Yunani yang berarti ‘Cokelat’, mengacu pada warna cangkangnya.

Klasifikasi Ilmiah
Ordo Trochida > Famili Turbinidae

Status Konservasi
Belum dievaluasi (Not evaluated)

Deskripsi Singkat
Turbo cokelat kerdil memiliki bentuk cangkang yang membulat dan lancip pada ujungnya. Cangkang siput ini memiliki tekstur yang bersisik dan sangat kasar ketika disentuh. Ciri utamanya terletak pada bukaan operkulumnya, yang memiliki tepian yang bertekstur dan kasar. Selain itu, operkulum siput ini memiliki warna hijau giok. Warna cangkang siput ini cokelat dengan corak kehitaman. Ukuran maksimal 6 cm (Panjang)

Distribusi
Ditemukan pada Perairan Samudera Hindia bagian tengah hingga Pasifik bagian Barat, meliputi India. Indonesia, Filipina, dan Australia Utara.

Habitat dan Tingkah Laku
Turbo cokelat kerdil merupakan salah satu siput Turbinidae yang sangat umum dijumpai di kawasan pasang surut berbatu. Siput ini memiliki pola adaptasi untuk menghadapi air surut dengan cara menutup cangkangnya rapat – rapat. Dengan menutup cangkangnya rapat – rapat, siput ini dapat menjaga kelembapan di dalam cangkangnya untuk waktu yang lebih lama. Umumnya bersifat herbivor, dengan rumput laut sebagai makanan utamanya. Namun, siput ini juga diketahui memakan invertebrata yang menempel di permukaan bebatuan.

Manfaat Komersil
Dimanfaatkan di berbagai tempat sebagai sumber makanan, dan cangkangnya banyak diambil untuk perhiasan.

Catatan
Memiliki kesamaan dengan siput dari jenis T. intercostalis yang juga sangat umum ditemukan di kawasan pasang surut. Perbedaannya terletak pada operkulum T. intercostalis yang memiliki tepian halus dan warna cangkang yang lebih kehijauan.

Referensi

  1. Carpenter, K. E., & Niem, V. H. (2001). FAO species identification guide for fishery purposes. The living marine resources of the Western Central Pacific. Volume 1. Seaweeds, corals, bivalves and gastropods. FAO Library.
  2. Saleky, D., Setyobudiandi, I., Toha, H. A., Takdir, M., & Madduppa, H. H. (2016). Length-weight relationship and population genetic of two marine gastropods species (Turbinidae: Turbo sparverius and Turbo bruneus) in the Bird Seascape Papua, IndonesiaBiodiversitas Journal of Biological Diversity17(1).
  3. Tan, S. K., & Yeo, R. K. H. (2010). The intertidal molluscs of Pulau Semakau: preliminary results of “Project Semakau”Nature in Singapore3, 287-296.

Sitasi yang disarankan:
Andrimida, A., 2023 (26 Mei). Turbo bruneus – Turbo cokelat kerdil (Brown pacific turban snail). [dalam] Mata Samudera. Malang. Diakses dari https://matasamudera.id/2023/04/26/turbo-bruneus/


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *