Presented By: Boyan Sea

Mengapa Pulau Bawean?

Dari sunyinya hutan mangrove hingga riuh rendah pelabuhan perikanan, banyak kisah yang dapat dituturkan dari selat yang sempit ini. Siapa sangka, selat dengan panjang 3,7 km dan lebar rata – rata 300 meter ini, merupakan salah satu titik keanekaragaman hayati yang penting di Selatan Pulau Jawa. Selat Sempu merupakan tempat bagi hutan mangrove terluas di Kabupaten Malang, Padang Lamun terlengkap, dan salah satu kawasan Terumbu Karang terkaya di Kabupaten Malang. Namun, keanekaragaman ini kini berada di ambang kerusakan. 

Apa yang Kami Lakukan?

Di Selat Sempu, kami berusaha untuk menggali kisah – kisah tentang penghuni dasar laut Selat Sempu dan membawanya menuju permukaan. Keunikan dan keanehan para penghuni bawah laut menjadi kekuatan kita untuk menarik perhatian orang – orang agar semakin peduli terhadap Selat Sempu. Selain itu, kami juga memonitor tingkat kerusakan bawah laut Selat Sempu untuk mengetahui perkembangannya. 

Sasaran Kami

Kami berfokus didalam penguatan database keanekaragaman hayati laut disekitar Selat Sempu untuk mendukung usaha pelestarian dan perlindungan keanekaragaman hayati laut, serta mempromosikan usaha – usaha pemanfaatan berbasis masyarakat yang berkelanjutan. 

#SelatSempuLestari

Inventarisasi

Pembangunan Database

Penelitian

Publikasi

Capaian Kami di Pulaua Bawan

0
Spesies Diidentifikasi
0
Publikasi Ditulis

Usaha - usaha Lain

Di luar pendataan potensi keanekaragaman bawah laut, untuk mendukung #SelatSempuLestari, kami juga melakukan kegiatan pembersihan sampah di dasar laut dan usaha – usaha rehabilitasi ekosistem terumbu karang untuk tetap menjadikan laut senyaman mungkin untuk ditinggali oleh penghuninya. 

Dengan Siapa Kami Bekerja?

Meskipun kecil tentu saja kawasan ini terlalu luas untuk kami jelajahi sendiri. Dengan bekerjasama dengan lembaga – lembaga lokal, kami bersama – sama mewujudkan apa yang menjadi tujuan kami.

DATA APA YANG KAMI KUMPULKAN?

Kami berusaha mengumpulkan data – data mengenai jenis – jenis biota laut di sekitar Selat Sempu untuk mengetahui bagaimana tingkat keanekaragaman hayati di dalam kawasan yang unik ini. Dalam ekspedisi ini, kami melakukan pengamatan secara langsung dan mendokumentasikan setiap temuan  di dalam kegiatan kami dan merangkumnya kedalam sebuah database digital agar lebih mudah diakses oleh masyarakat luas.

PERJALANAN KAMI DI PULAU BAWEAN